Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Es Pisang Ijo



Gambar Hasil Membuat Resep Es Pisang Ijo

Bahan-bahan

Hasil:
Pisang Ijo:
Pisang raja, kukus 6 buah
Tepung terigu 60 gram
Tepung beras 60 gram
Gula pasir 5 sdm
Santan 150 ml
Air matang 100 ml
Pasta pandan 4 tetes
Garam 1/4 sdt
Saus:
Santan 600 ml
Tepung beras 40 gram
Gula pasir 4 sdm
Garam 1/4 sdt
Daun pandan (opsional) secukupnya
Pelengkap:
Susu kental manis secukupnya
Sirup DHT (pisang ambon) secukupnya
Es batu secukupnya
Lihat Resep Versi RasaBunda

Langkah Versi RasaBunda

1

Selain pisang, campurkan semua bahan dalam satu wadah. Aduk rata menggunakan whisk sampai adonan licin, lalu saring. Tuang adonan dalam loyang atau wadah tahan panas lainnya.

2

Panaskan panci kukusan/dandang. Kukus adonan selama 15 menit hingga matang. Keluarkan loyang dan biarkan dingin, lalu tunggu sampai uapnya hilang.

3

Keluarkan adonan dari loyang, lalu uleni hingga kalis. Bagi adonan jadi 6 bagian kemudian masing-masing pipihkan.

4

Taruh pisang di atas adonan pipih. Gulung kemudian rapatkan kedua ujungnya. Ulangi langkah ini dan lakukan hingga adonan habis.

5

Panaskan kembali panci kukusan/dandang. Lapisi dasarnya dengan daun pisang atau plastik tahan panas. Kukus pisang ijo selama 10-15 menit. Angkat dan dinginkan.

6

Saus: Dalam wadah, larutkan 200 ml santan dengan tepung beras lalu aduk hingga licin. Dalam panci, masak sisa santan bersama gula, garam, dan daun pandan hingga mendidih, sambil terus diaduk pelan. Tuangkan larutan santan-tepung beras, kemudian aduk terus dan masak hingga mengental serta meletup-letup. Matikan api.

7

Penyajian: Potong-potong pisang ijo lalu tata dalam mangkuk saji. Siram dengan saus. Beri es batu, susu kental manis, dan sirup.

8

Tips

1. Saat menggulung/membentuk pisang ijo, gunakan daun pisang atau plastik bening agar lebih lebih mudah dibentuk.

2. Pasta pandan bisa diganti dengan sari daun pandan alami.

3. Saat mengukus adonan, pilih panci kukus yang berdiamater agak besar agar loyang bisa cukup. Seperti Supra Rantang 3 Susun (Lihat di Lazada DISKON) yang berdiameter 24 cm ini. Body panci dari Supra sudah terbuat dari stainless yang kokoh serta berkualitas.  Jadi, dipastikan adonan pisang ijo matang merata.

4. Sirup DHT atau sirup pisang ambon adalah produk khas Makassar. Jika tidak punya bisa diganti dengan sirup cocopandan atau sirup merah.