Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Cemilan Cakwe / You Tiao


Resep Cakwe / You Tiao Dari christinsetiorini

Bahan Cakwe / You Tiao

300 gr tepung protein tinggi7 gr baking powder3 gr baking soda5 gr garam (me 4 gr)195 gr air 15 gr minyak1 sdt peres garlic powder(Resep asli 1 siung garlic diparut diberi air 1 sdm untuk olesan)

Cara Membuat Cakwe / You Tiao

1. Campur rata bahan kering, lalu tuangkan air yang sudah dicampur dengan minyak, aduk dengan spatula perlahan sampai adonan menjadi satu. (Air terserap 100% oleh tepung dan tidak ada bahan kering yang menempel diwadah)2. Tutup wadah diamkan 30 menit.3. Setelah 30 mnt, pipihkan adonan menjadi persegi, lakukan lipat single fold 3x. Lalu diamkan adonan 2-3 jam atau simpan dikulkas semalam, diamkan 30 mnt sampai suhu ruang baru di bentuk.4. Rentangkan adonan, saya menggunakan rolling pin untuk meratakan tapi jangan terlalu ditekan.5. Bentuk adonan persegi panjang dengan ketebalan 1/2 cm. Potong adonan dengan lebar 2 cm lalu tumpuk, tekan bagian tengahnya untuk menyatukan adonan, supaya saat digoreng tidak terpisah.6. Panaskan minyak, med high, ambil adonan cakwe sedikit dipanjangkan lalu masukkan ke penggorengan. Putar cakwe sampai coklat merata, angkat tiriskan.

Note

Agar cakwe empuk berongga, jangan mengulen adonan berlebihan, jika berlebihan cakwe menjadi keras dan goreng dengan minyak yang panas agar adonan mekar.