Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mau Liburan ke Batu, Malang? Yuk, Kunjungi Tempat Wisata Hits Ini!

Ada banyak pilihan destinasi wisata menakjubkan buat kamu liburan “aman” di Indonesia. Salah satunya adalah menikmati pesona alam di Kota Batu, Malang. Selain menyediakan pemandangan yang indah, kota ini juga mempunyai banyak tempat wisata pilihan yang bisa kamu kunjungi.

Yuk, simak rekomendasi tempat wisata di Kota Batu, Malang, dari Pegipegi yang bisa kamu kunjungi berikut ini!

Museum Angkut

Bagi pencinta mobil klasik, sejarah, maupun penggemar film Hollywood, kamu wajib berkunjung ke Museum Angkut. Dengan luas hampir mencapai empat hektare, museum ini merupakan museum transportasi pertama di Asia Tenggara. Tidak hanya menikmati sejarah setiap mobil, mulai dari angkutan pertama Presiden RI hingga Istana Buckingham Inggris, Museum Angkut juga menghadirkan interior bangunan yang kece buat kamu yang suka foto-foto. Museum Angkut juga menghidupkan kembali fungsi dan detail setiap kendaraan dengan desain interior ruangan yang dibuat mirip mengikuti kondisi zaman aslinya. 

Eco Green Park

Selain bertamasya, di Eco Green Park kamu juga bisa belajar banyak mengenai aneka burung hingga berbagai macam serangga. Di sini, kamu bisa belajar sekaligus mempraktikkan pengetahuan seperti biogas dan manfaatnya, pemakaian toilet edukasi yang menggunakan energi biogas, memilah dan mengolah sampah hingga menjadi kompos, serta melihat olahan barang bekas menjadi kreasi yang menarik. Setiap sudut taman ini penuh dengan teknologi ekologi, dari tenaga surya, kompos, pengolahan susu, dan kerangka robot yang terbuat dari 1.001 handphone. 

Taman Wisata Selecta

Taman yang sudah ada sejak zaman Belanda ini, bisa menjadi pilihan buat kamu yang ingin menikmati perkebunan bunga yang indah. Di sini, kamu juga bisa bersenang-senang dengan berbagai wahana menarik seperti kereta gantung, flying fox, mengendarai kuda, kolam renang, dan lain sebagainya.

Jatim Park 1, 2, dan 3

Jatim Park kini menjadi salah satu icon wisata Jawa Timur. Objek wisata ini memiliki 36 wahana, di antaranya kolam renang raksasa Spinning Coaster dan Drop Zone. Ada juga wahana pendidikan, seperti Volcano dan Galeri Nusantara yang di dalamnya dilengkapi tanaman agro, diorama binatang langka, dan miniatur candi-candi. Jatim Park 1 beralamat di Jalan Kartika no. 2.

Sedikit berbeda dengan Jatim park 1 yang lebih ditujukan sebagai taman bermain dan hiburan, Jatim Park 2 lebih menunjukkan tempat belajar. Jatim Park 2 mengusung konsep belajar ilmu alam, biologi, dan pembelajaran satwa yang disajikan dengan latar belakang sesuai habitatnya. Jawa Timur Park 2 dibangun di wilayah Malang yang terdiri dari Museum Satwa, Batu Secret Zoo, dan Pohon Inn Hotel.

Berbeda dengan Jatim Park 1 dan 2, Jatim park 3 menghadirkan wahana menarik buatan berupa replika Dinosaurus. Lokasi Jatim Park 3 berada di Desa Beji, Kec. Junrejo, Kota Batu. Jatim Park 3 mengusung konsep taman bermain sekaligus edukasi mengenai hewan-hewan purbakala termasuk Dinosaurus. Tidak hanya replika dino saja, kamu juga bisa menjelajahi lima era zaman dahulu, seperti kehidupan dari masa Dinosaurus, mulai awal peradaban sampai masa setelah kepunahannya. 

Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular (BNS) adalah pasar malam modern dengan beragam atraksi untuk menguji adrenalin dan menghibur keluarga. BNS menyediakan beragam atraksi yang bisa dilakukan oleh keluarga tercinta dari segala umur. Perang laser, rumah hantu, roller coaster, hingga film 4D membuat malam kamu sayang jika dilewatkan begitu saja. Abadikan malam dengan berfoto di balon udara, menara Eiffel, dan kereta Cinderella di taman lampion. 

Alun-Alun Kota Batu

Jika ke Kota Batu, sayang rasanya jika kamu tidak mampir ke Alun-alun Kota Batu. Alun-alun ini memang Instagramable banget sehingga cocok buat kamu yang suka foto-foto epic. Kamu juga bisa wisata kuliner ke food court yang terletak di sebelah alun-alun, loh. Bagi kamu traveller muslim yang ingin beribadah, kamu hanya perlu berjalan sedikit ke Masjid Agung Kota Batu.

Batu Flower Garden

Batu Flower Garden ini juga dikenal sebagai studio alam karena pemandangannya yang indah. Selain banyak bunga warna-warni, kamu juga bisa foto-foto di berbagai spot menariknya seperti sepeda gantung yang bisa menguji keberanian kamu.

Coban Rais & Coban Rondo

Kota Batu juga mempunyai pesona wisata alam air terjun yang tidak kalah memukau, yaitu Coban Rais dan Coban Rondo. Pesona alam yang masih sangat asri dan tingginya air terjun yang berkisar setinggi puluhan meter ini, akan membuat kamu merasakan sensasi sejuknya air pegunungan. Namun, pastikan kamu membawa bekal atau makanan ringan yang cukup jika menuju ke sini ya, SobiPegi. Soalnya jarak yang akan kamu tempuh cukup jauh dengan medan yang juga cukup menantang. Ingat untuk selalu berhati-hati ya.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi tempat wisata di Batu yang bisa kamu kunjungi nih, SobiPegi. Sebelum bepergian ke sana, jangan lupa untuk mengecek apakah tempat wisata tersebut sudah beroperasi kembali atau belum, terutama di masa pandemi sekarang. Buat kamu yang ingin traveling ke Batu, Malang, yuk, pesan akomodasi dan transportasi di Pegipegi supaya liburan kamu makin praktis dan terjangkau. Terus, selalu terapkan juga protokol kesehatan di mana pun kamu berada ya, SobiPegi!