Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bertualang ke 8 Spot Diving Terfavorit di Indonesia

Untuk bisa menikmati panorama alam bawah laut terbaik, kamu nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Di negara kita, dunia bawah lautnya kaya dengan ribuan spesies ikan dan terumbu karang yang siap menyambutmu. Saking populernya, ada banyak spot diving terbaik Indonesia yang juga jadi favorit para diver mancanegara.

Buat kamu yang punya rencana mengisi liburan dengan menyelam, gimana kalau mengunjungi salah satu –atau dua– dari spot diving terfavorit di Indonesia ini!

Wakatobi

spot diving terbaik
Sumber: IG @visitwakatobi

Nggak berlebihan rasanya kalau menyebut Wakatobi sebagai surganya para penyelam dan mereka yang suka snorkeling serta berenang. Wakatobi terdiri dari empat pulau utama yakni Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Berbagai jenis terumbu karang dan spesies ikan hidup permanen di laut Wakatobi yang jernih.

Wakatobi memiliki lebih dari 40 spot diving yang tersebar di empat pulau utama. Namun di antara semuanya, ada empat yang paling populer, yakni House Reef, Cornucopia, Coral Garden, dan Rome.

Kepulauan Alor

spot diving terbaik

Kepulauan Alor berada di sebelah timur Flores, Nusa Tenggara Timur. Selain daya tarik budaya, sejarah, hingga kulinernya, kepulauan ini juga memiliki pesona bawah laut yang luar biasa. Nggak heran jika banyak petualang yang rela datang lagi dan lagi ke Alor. Siapa sih yang nggak mau melihat kembali laut jernih dengan beragam biota laut yang tinggal di dalamnya?

Sama seperti Wakatobi, Kepulauan Alor memiliki puluhan spot diving yang berkualitas. Menyebar sampai ke Pulau Pantar, kamu bisa menikmati hampir 50 titik penyelaman dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Kamu tinggal memilih mana yang menurut kamu sesuai dengan kemampuan diving-mu.

Pantai Tulamben

spot diving terbaik

Jika kebanyakan spot diving terbaik di Indonesia mengandalkan kekayaan laut yang masih alami, maka kamu akan menemukan hal yang berbeda di Pantai Tulamben. Pantai yang berada di Desa Tulamben Bali ini punya satu spot diving unik, yakni sebuah bangkai kapal Liberty jenis USAT atau US Army Transport. Kapal ini karam pada tahun 1942 silam karena serangan torpedo kapal selam Jepang.

Untuk bisa sampai ke titik tempat bangkai kapal berada, kamu harus naik perahu dari pesisir pantai yang jaraknya kurang lebih 25 meter. Karena bangkai kapal ini sudah cukup lama di bawah air, beragam biota laut sudah tinggal di sana. Beberapa di antaranya adalah hiu martil, ikan mola-mola, dan paus hiu.

Pulau Weh

spot diving terbaik

Pulau Weh adalah sebuah pulau vulkanik kecil aktif yang berada di barat laut Sumatra, dan merupakan bagian dari Provinsi Aceh. Pesona terumbu karang di bawah lautnya menjadikan Pulau Weh sebagai salah satu destinasi menyelam yang menarik untuk dikunjungi. Ada beberapa titik penyelaman yang bisa kamu pilih antara lain Batee Tokong, The Canyon, dan Pulau Rondo.

Pulau Komodo

spot diving terbaik

Taman Nasional Komodo yang berada di ujung barat Flores merupakan salah satu destinasi wisata kebanggaan Indonesia. Selain menjadi tempat tinggal bagi ribuan komodo, pulau ini ternyata menyimpan pesona bawah laut yang luar biasa cantik. Ada banyak jenis ikan yang tinggal di dalamnya, mulai dari ikan pari manta sampai anthias.

Pulau Komodo juga memiliki banyak diving spot yang bisa kamu pilih. Castle Rock, misalnya, adalah lokasi yang sempurna untuk melihat beragam jenis ikan mulai dari pari manta, hiu karang kelabu, sampai lumba-lumba. Selain itu masih ada Langkoi Rock, Batu Bolong, Tatawa Kecil, dan lain sebagainya.

Derawan

spot diving terbaik

Di antara sekian banyak tempat menyelam di Indonesia, Derawan adalah salah satu yang paling difavoritkan para penyelam mancanegara. Kepulauan ini terletak di lokasi terpencil di Pulau Kalimantan dan menawarkan kombinasi yang langka antara hewan-hewan bawah laut berukuran besar dan kecil.

Memiliki 872 spesies ikan dan 507 jenis terumbu karang, kamu bisa memilih beberapa spot diving terbaik di Kepulauan Derawan. Beberapa yang terbaik berada di Nunukan, Bakungan, Nabucco, dan Maratua.

Morotai

spot diving terbaik

Morotai adalah sebuah pulau di Kepulauan Halmahera yang memiliki pesona bahari yang menakjubkan. Saking indahnya, banyak yang menjulukinya sebagai Maladewa-nya Indonesia. Nggak sedikit turis asing yang rela kembali lagi ke Morotai untuk menikmati keindahan alam bawah lautnya.

Morotai sendiri memiliki setidaknya 28 titik penyelaman. Masing-masing titik memiliki keunikan. Kamu bisa menemukan aneka jenis ikan hingga bangkai kapal yang digunakan selama Perang Dunia ke-2.

Raja Ampat

spot diving terbaik

Nggak ada pencinta traveling di Indonesia yang belum pernah mendengar Raja Ampat. Destinasi wisata yang berada di Papua ini memiliki keindahan yang membuatnya sering disebut sebagai kepingan surga di timur Indonesia.

Jika kamu ingin menyelam, maka Raja Ampat adalah lokasi yang sempurna. Ada lima lokasi diving terbaik yang bisa kamu temukan di sini. Mulai dari Selat Dampier, Cross Wreck, Blue Magic, dan lain sebagainya.

Itulah delapan spot diving terbaik yang tersebar dari barat sampai ke timur Indonesia. Jadi, tunggu apalagi? Segera rencanakan liburan menyenangkan kamu dengan memesan tiket pesawat, tiket kereta api, tiket bus & travel, dan hotel promo lewat Pegipegi biar lebih hemat! 

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS PESAN HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store





Like this:

Like Loading…