Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tempat Wisata Eksotis di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat

Selain surganya pantai-pantai cantik, Pulau Sumbawa yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini juga menyimpan banyak spot wisata menarik. Mulai dari air terjun hingga panorama alam lainnya yang siap memanjakanmu dengan sejuta pesonanya yang membius.

Buat kamu yang berencana liburan ke Sumbawa, berikut rekomendasi tempat wisata terbaik yang wajib kamu jelajahi! 

Pantai Yoyo

tempat wisata sumbawa

Pantai Yoyo menawarkan panorama alam yang sangat menawan. Dinamakan yoyo karena punya ombak menggulung seperti permainan yoyo. Meski demikian, kesan damai dan tentram hadir lantaran pantai ini relatif sepi dari pengunjung. Hamparan pasir putih yang memanjang ke kanan dan kiri berpadu cantik dengan birunya air laut yang kerap menerjang pesisir. Makin memesona, karena latar belakangnya dihiasi tebing-tebing yang menjulang tinggi. 

Air Terjun Mata Jitu

tempat wisata sumbawa
Sumber: IG @sumbawaisland  

Terletak di tengah hutan Pulau Moyo, air terjun ini pertama kali dikenal saat mendiang Putri Diana dari Inggris berkunjung untuk menikmati alamnya. Gemercik air yang sayup-sayup terdengar dalam kesunyian alam, ditambah pepohonan hijau di sekitarnya, dan udaranya yang segar memang menjadi daya tarik utama Air Terjun Mata Jitu. Air terjun ini juga memiliki warna yang unik, loh, yaitu perpaduan antara hijau tua dan muda.

Pantai Maluk

tempat wisata sumbawa

Bukit Mantun di sisi utara dan Bukit Balas di sisi selatan, mengapit pantai cantik dan tenang ini. Meski tenang, ternyata Pantai Maluk memiliki ombak setinggi dua meter yang disukai para peselancar. Adanya Tanjung Ahmad yang memecah ombak membuat penikmat pantai bisa bermain di pasirnya yang putih dan lembut serta berenang di pinggir pantai, sementara peselancar menikmati ombak di tengah laut.

Pulau Kenawa

tempat wisata sumbawa
Sumber: IG @explore.sumbawa

Meski hanya sebuah pulau kecil yang nggak berpenghuni dengan luas 15 hektare, namun Pulau Kenawa menawarkan keindahan yang luar biasa. Di sini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam berupa perbukitan, hamparan padang savana, juga birunya air laut. Asyiknya lagi, pulau ini belum terlalu mainstream sehingga kamu bisa menikmati kecantikannya sambil berfoto secara lebih maksimal tanpa keramaian. 

Pantai Lawar

tempat wisata sumbawa

Terletak di Sekongkang, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Pantai Lawar menawarkan hamparan pasir putih yang lembut banget. Dibalut dengan cuaca tropis, air laut di pantai satu ini terlihat sangat biru dan bening. Yang paling menarik dari pantai ini adalah lanskap kawasannya. Diapit dua bukit batu dengan vegetasi alami, pesona Pantai Lawar tampak semakin eksotis dengan refleksi warna lembayung kala senja tiba.

Nah, semoga ulasan di atas bisa menambah inspirasi buat kamu yang ingin liburan ke Pulau Sumbawa, ya. Sebelum berangkat, jangan lupa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, tiket bus, dan hotel promo di Pegipegi biar lebih hemat!

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS PESAN HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store