Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Wisata Bukit Unik nan Instagenic yang Ada di Indonesia

Sudah bukan rahasia lagi jika Indonesia memiliki deretan destinasi wisata bukit yang menakjubkan. Ditambah lagi, pemandangan alam hijaunya pun memanjakan mata. Nah, kurang lengkap rasanya bertualang ke bukit tanpa mengabadikan berbagai spot cantik nan Instagenic lewat foto dan video.

Tertarik menjelajahinya? Nah, 10 bukit cantik yang ada di Indonesia ini wajib masuk ke dalam rencana perjalananmu selanjutnya, ya.

Bukit Pergasingan, Lombok

wisata bukit indonesia
Sumber: IG @lombok_gagah

Bukit Pergasingan juga menjadi salah destinasi wisata bukit di Lombok. Di sini, kamu bisa menikmati berbagai panorama sepanjang pendakian, mulai dari persawahan yang berbentuk kotak-kotak, kabut yang menyelimuti pemukiman Desa Sembalun, Gunung Rinjani, hingga hamparan hijau perbukitan.

Sesampainya di puncak bukit, kamu dan teman-teman disarankan melakukan camping. Dengan camping, kamu bisa menyaksikan keindahan pemandangan matahari terbit. Hamparan alam bukit pun akan terlihat sangat cantik di pagi hari.

Bukit Campuhan, Bali

wisata bukit indonesia

Jika kamu berlibur ke Bali, jangan lupa singgah ke Bukit Campuhan. Bukit ini memiliki view alam yang memesona. Hamparan bukit hijau disertai lembah dan padang ilalang menjadikan destinasi wisata ini menarik untuk dikunjungi. Yang membuat bukit ini unik adalah terdapat dua aliran sungai, sungai Cerik dan sungai Oos, yang mengapitnya.

Buat kamu yang suka tantangan, kamu bisa ikut trekking. Salah satu rute yang terkenal di Bukit Campuhan adalah Bukit Campuhan Ridge Walk. Kondisi jalan untuk rute trekking cukup bagus. Selama trekking, kamu akan disuguhi panorama alam indah yang wajib untuk diabadikan. Nggak heran, foto dengan latar bukit ini berseliweran di berbagai akun media sosial pencinta trekking

Bukit Molenteng, Nusa Penida

wisata bukit indonesia

Selain punya Pantai Atuh yang unik, Nusa Penida juga hadir dengan buai alam cantik, Bukit Molenteng. Berada di Banjar Pelilitan, Bukit Molenteng menawarkan pemandangan alam yang menarik untuk dikulik. Di sana, ada beberapa gugusan tebing indah yang dibalut dengan pepohonan hijau. Gugusan ini mengingatkan kita akan kawasan Wayag di Raja Ampat. Nggak heran, Bukit Molenteng sering disebut juga sebagai Raja Ampat khas Bali.

Bukit Karang Wayag, Raja Ampat

wisata bukit indonesia

Bukit Karang Wayag menjadi salah satu ikon Raja Ampat. Bukit ini terdiri dari gugusan bukit karst yang terhampar dengan cantik. Untuk dapat menikmati keindahan alam bukit karang, kamu harus melewati jalur terjal dengan cara menaiki tangga kayu.

Setelah sampai di atas bukit, kamu bisa melihat pemandangan hijau gugusan pulau karang yang melingkar. Gugusan tersebut membentuk laguna hijau dengan birunya samudra di tengahnya. Jika kamu berencana menaiki puncak, datanglah di waktu pagi. Kamu akan disambut dengan keindahan bukit yang bermandikan cahaya mentari pagi.

Puncak Mangunan, Yogyakarta

wisata bukit indonesia
Sumber: IG @kebun_buahmangunan

Salah satu bukit cantik di Indonesia yang menyuguhkan keindahan alam matahari terbit adalah Puncak Mangunan di Yogyakarta. Bukit ini juga dikenal sebagai Kebun Buah Mangunan, yang berlokasi di ketinggian sekitar 150 sampai 200 mdpl dengan luas 23,3 hektare.

Saat melewati jalan setapak menuju bukit, pemandangan istimewa akan menyambut kamu. Kesejukan udara dan kabut tipis pun menambah kesan eksotis. Untuk bisa merasakan sensasi kabut seperti berdiri di negeri di atas awan, kamu bisa datang di waktu subuh, sekitar pukul 04.00 atau menjelang petang sekitar pukul 16.30 hingga pukul 18.00. Di waktu tersebut, kamu bisa melihat matahari terbit berselimut kabut, atau matahari tenggelam.

Bukit Merese, Lombok

wisata bukit indonesia

Belum lengkap liburan ke Lombok tanpa mengunjungi Bukit Merese. Bukit yang dikenal juga sebagai Bukit Cinta ini menyuguhkan pemandangan laut dan hamparan rumput yang hijau.

Selain suguhan alam memesona, kamu juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam. Terlebih lagi, Bukit Merese ini nggak terlalu tinggi sehingga mudah didaki. Cukup 10 menit untuk mencapai puncak, kamu bisa mendapatkan berbagai spot pemandangan yang spektakuler.

Bukit Holbung, Sumatra Utara

wisata bukit indonesia

Hamparan padang sabana yang luas dan panorama alam yang indah adalah daya tarik utama Bukit Holbung. Sekilas mengingatkan kita pada adegan film Mulan (live action) saat sedang berkuda ditemani dua ekor kelinci yang berlari di sampingnya. Jika kita berkemah dan bangun di pagi hari, gumpalan kabut tebal yang kadang datang, terlihat seperti awan bertingkat yang akan membuatmu bak berada di negeri atas awan.

Bukit Teletubbies, Papua

wisata bukit indonesia

Memiliki nama asli Bukit Tungku Wiri, Bukit Teletubbies Papua menjadi destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi. Bukit ini memiliki bentuk yang mirip dengan perbukitan hijau di serial anak-anak, Teletubbies.

Puncak bukit menjadi destinasi utama bagi para wisatawan. Terlebih lagi, ketika mencapai puncak, kamu akan disuguhi panorama perbukitan di sekitar Danau Sentani. Nggak hanya itu, kamu juga bisa langsung menyaksikan pemandangan kota di kaki Gunung Siklop.

Pulau Padar, Nusa Tenggara Timur

wisata bukit indonesia

Nusa Tenggara Timur menyimpan berbagai surga tersembunyi. Salah satunya, Pulau Padar. Pulau ini memiliki topografi terjal dan gunung-gunung vulkanik disertai perbukitan. Pepohonan padang rumput yang tumbuh di bukit menjadikan bukit sabana terlihat lebih indah.

Buat kamu yang suka memacu adrenalin, kamu wajib melakukan trekking ke puncak bukit. Setelah sampai di puncak, keindahan panorama birunya laut serta jajaran pulau di sekitarnya akan menyambut kedatanganmu.

Bukit Teletubbies, Nusa Penida

wisata bukit indonesia
Sumber: IG @otw_melali

Berlokasi di Kabupaten Klungkung, Pulau Nusa Penida, Bukit Teletubbies menawarkan suguhan alam yang eksotis dan Instagrammable. Hamparan alam hijau akan mengingatkan kamu pada lokasi serial anak-anak, Teletubbies. Bukit-bukit kapur yang mendominasi membuat padang rumput tumbuh dengan subur. Hasilnya, permukaan bukit ditutupi dengan padang rumput cantik dan hijau.

Selain sebagai destinasi wisata bukit, Bukit Teletubbies ini sering dijadikan lokasi bagi calon pengantin untuk berfoto. Terlebih lagi, latar bukitnya yang indah kerap dipilih sebagai spot foto favorit. 

Tertarik untuk wisata ke delapan bukit cantik di Indonesia di atas? Jangan buang waktu lagi! Yuk, ajak teman atau keluarga untuk segera merencanakan liburan bersama. Biar lebih hemat, pesan tiket pesawat, tiket kereta api, tiket bus & travel, dan hotel promo hanya di Pegipegi! 

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS PESAN HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store





Like this:

Like Loading…