Pendidikan suatu pondasi dalam hidup

11

Pendidikan suatu pondasi dalam hidup

Pendidikan adalah suatu pondasi dalam hidup yang harus dibangun dengan sebaik mungkin. 


Secara umum pendidikan adalah proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan serta kebiasaan yang dilakukan suatu individu dari satu generasi ke generasi lainnya. Proses pembelajaran ini melalui pengajaran, pelatihan dan penelitian. 

Adanya pendidikan juga dapat meningkatkan kecerdasan, akhlak mulia, kepribadian serta keterampilan yang bermanfaat baik itu untuk diri sendiri maupun masyarakat umum.

pendidikan yang sering disebutkan adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Fungsi tersebut adalah fungsi umum yang sesui dengan tujuan nasional. 

Pendidikan, selain harus jelas pengertiannya, harus jelas pula faktor-faktornya. Pada postingan sebelumnya saya telah mendefinisikan pengertian pendidikan menurut para ahli. Postingan ini akan membahas tentang tujuan sebagai faktor pendidikan dan fungsinya secara ringkas.

Saat ini, banyak anak-anak yang sudah menempuh pendidikan sejak usia dini, bahkan sejak umur mereka masih dua atau tiga tahun. Meskipun begitu, pendidikan formal sebenarnya baru mulai di Sekolah Dasar (SD) ketika anak berumur tujuh tahun. 

Setika di Sekolah Dasar, anak-anak diajari ilmu-ilmu mendasar seperti membaca, menulis, dan berhitung. Kurikulum yang dibentuk dari pendidikan di Sekolah Dasar pun cenderung ringan karena anak usia Sekolah Dasar semestinya tidak hanya difokuskan untuk belajar, namun juga bermain. 
Sesuai yang sudah diatur oleh Undang-Undang Republik Indonesia, seperti:

UU No. 2 Tahun 1985
Tujuan pendidikan menurut UU No. 2 Tahun 1985 adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia yang seutuhnya, yaitu bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, memiliki pengetahuan, sehat jasmani dan rohani, memiliki budi pekerti luhur, mandiri, kepribadian yang mantap, dan bertanggung jawab terhadap bangsa.

UU No. 20 Tahun 2003
Menurut UU No. 20 Tahun 2003 pasal 3 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, tujuan pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa faktor pendidikan setidaknya harus memuat dua unsur, yaitu unsur manusia dan unsur tujuan. Adanya pendidik dan peserta didik menunjukkan adanya unsur manusia dalam pendidikan. Pendidikan juga harus jelas tujuannya. 

Pendidikan pada dasarnya merupakan usaha manusia untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, baik yang didapat dari lembaga formal maupun informal. Untuk mencapai hal tersebut maka diperlukan tujuan pendidikan yang tepat. Tujuan pendidikan akan menentukan keberhasilan dalam proses pembentukan pribadi manusia, tentunya diimbangi dengan unsur-unsur lain dalam pendidikan. 

Pendidikan merupakan suatu hal yang luhur karena hakikatnya kita akan terus belajar sejak kita lahir sampai akhir hayat nantinya. Belajar merupakan sebuah cara agar kita sebagai manusia dapat menjadi pribadi yang semakin baik dari hari ke hari. Beberapa ahli memiliki definisi tersendiri untuk sebuah konsep dasar pendidikan
Previous Post Next Post