Kesehatan jasmani dan rohani

Kesehatan jasmani dilakukan dengan menjaga pola makan dan rajin berolahraga. Ini sesuai dengan tiga langkah Germas. Yakni melakukan aktivitas fisik setiap hari minimal 30 menit. 

Membiasakan mengonsumi sayur dan buah. Kemudian secara berkala memeriksakan kondisi kesehatannya.Perkara sehat jasmani dan rohani memang kerap menjadi batu sandungan bagi difabel dalam mengambil hak berkehidupan, mulai dari hak pekerjaan sampai hak politik.  

Standar sehat jasmani dan rohani di Indonesia memang masih berdasar pada pendekatan model medik dalam lingkup isu difabel. 

Standar tersebut belum menggunakan pendekatan model sosial yang menginterkoneksikan difabel dengan akses kehidupan sosial yang menghambat.Standar sehat secara jasmani dan rohani kemudian menjadi batu sandungan besar bagi partisipasi difabel dalam berbagai peluang dan kesempatan kehidupan. 

Berbekal pendekatan medik, menjadi difabel bisa diartikan pula sedang sakit. Difabel kemudian dianggap tidak mampu dan layak dalam menjalankan peran yang biasanya dijalankan oleh non difabel. 

secara rohani juga ada tiga hal yang perlu dilakukan. Pertama, rajin menjalankan ibadah berikut semua amalan sesuai ajaran agama. 

Kedua berpikiran positif dan menjauhkan dari sifat buruk sangka. Dengan berprangka baik menjauhkan seseorang dari pikiran buruk dan jahat. 

Ini akan membentuk rohani kita menjadi sehat,” katanya
Orang yang senang menjalin silaturahmi akan mempunyai banyak relasi. Menemukan banyak kemudahan ketika melakukan sebuah usaha. Dengan demikian, rezekinya menjadi lapang.

Menjaga Kesehatan Jasmani dan Rohani adalah Ibadah Jasmani dan Rohani dalam dirinya Manusia dirancang Oleh Allah untuk Bergerak,Bekerja, Mengolah dan Memakmurkan Bumi , ketika tidak digunakan dan difungsikan maka badan Manusia menjadi Sakit. 

Menjaga Kesehatan  Jasmani dan Rohani (Sehat Wal Afiat) diperintahkan oleh Allah juga jangan merusak badan dg Khamar dan makanan yg dilarang itu hakekatnya Ibadah Kepada Allah. 

Mari Jangan Merusak badan dan Jiwa Anda dg melanggar Perintah Allah, ikuti Aturan Allah dan Rasul dg Sikap Mendengar dan menjalankannya (Sami'na Wa Ato'na) serta selalu mohon Ampun (Istighfar) atas segala kesalahan, itulah Kebaikan yang ternasuk sehat jasmani sehat rohani
Previous Post Next Post