Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

cara Mengatasi Anak Susah Makan Usia 16 Bulan

cara Mengatasi Anak Susah Makan Usia 16 Bulan


Orang tua biasanya cemas bila mendapati anak susah makan. Ya Moms, Anda mungkin merasa takut kebutuhan nutrisi si kecil tidak terpenuhi, karena ia tidak mau makan beberapa jenis makanan tertentu.

Sikap anak-anak untuk makan dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk sikap dan perilaku orang tua dan teman sebaya terhadap makanan, nutrisi dan citra tubuh, trauma, stres, serta intimidasi. Nafsu makan dapat berubah pada usia yang berbeda dan ini normal, beberapa makan banyak atau makan apa saja, yang lain lebih khusus.

Kekhawatiran para ibu jika sang buah hati susah makan merupakan hal yang wajar, sebab pada dasarnya usia 16 bulan merupakan usia yang rentan terutama dari masalah kesehatan. Selain itu, anak-anak yang sedang dalam usia pertumbuhan juga sangat membutuhkan asupan gizi yang seimbang serta kalori yang cukup. Berbagai asupan lengkap tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsi sayuran serta buah-buahan.

Berbagai cara pun akhirnya dilakukan untuk menghilangkan rasa cemas tersebut, salah satunya dengan memberikan anak multivitamin. Harapannya. pemberian multivitamin bisa memenuhi kebutuhan harian nutrisi anak yang susah makan.

faktor yang bisa menjadi penyebab anak-anak usia 16 bulan susah makan. Tapi, ada beberapa penyebab yang cukup umum, sehingga mampu menyebabkan anak usia 16 bulan menjadi susah makan

Bosan dengan Menu Makanan
Kelebihan Konsumsi Camilan
Kurang Sehat
Konsumsi Susu
Sedang Sedih
sedang marah

Jangan Menyerah
Meski Anda sudah mencoba segala cara, dan anak masih belum mau makan, selalu ulangi hingga anak mau sedikit demi sedikit mengonsumsi makannya.

Jadilah Model Peran yang Baik
Cara mengatasi anak yang susah makan yaitu dengan memberikan contoh makan yang baik.Jika Anda mengonsumsi banyak sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan susu rendah lemak, anak-anak kemungkinan akan mengambilnya juga.

Jangan Paksa Habiskan Makanan
Jika anak tidak mau lagi menghabiskan makanannya, maka jangan dipaksa. Sebab, jika terus dipaksa justru akan membuat anak enggan untuk makan di kesempatan selanjutnya.

Sajikan Porsi Makanan yang Tepat
Cara mengatasi anak yang susah makan berikutnya yaitu dengan menyajikan porsi yang tepat. Mungkin masalahnya bukan karena anak menolak untuk makan, tetapi mereka menolak untuk makan semua makanan di piring mereka.

Kurangi Memberi Camilan
Sempat dibahas di atas tadi, bahwa penyebab anak tidak mau makan karena kenyang memakan camilan. Itulah mengapa, kurangi pemberian camilan pada anak.

Perkenalkan Makanan Baru Secara Perlahan
Anak-anak pada dasarnya fobia makanan baru. Sebelum mereka terbiasa dengan makanan tertentu dan Anda merasa bahwa anak tidak mendapatkan cukup nutrisi atau tertinggal dalam pertumbuhan, diskusikan dengan dokter anak kemungkinan manfaat dari menambahkan nutrisi ke dalam jadwal makan mereka.

Beri Pujian
Apabila berbagai cara mengatasi anak susah makan usia 16 bulan tersebut berhasil, maka jangan lupa beri pujian. Hal ini akan memberi rasa bangga pada anak, sehingga anak akan mau makan di kemudian hari.

Demikian cara mengatasi anak yang susah makan. Meski sebenarnya ada banyak beragam alasan mengapa anak susah makan, namun hal ini dialami oleh sebagian besar orang tua.

Dyas xp
Dyas xp Saya bukan orang pintar ,tapi saya bisa belajar bersama orang yang pintar
PHP Dev Cloud Hosting