Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

STRATEGI BELAJAR YANG NYAMAN

ASSALAMUALAIKUM,,,,

Semoga kita senantiasa dalam lindungan alloh sang maha pencipta


Salah satu faktor yang bisa membantu anak Anda sukses di sekolahnya adalah metode belajar yang tepat. Mengingat, masing-masing anak punya cara belajar yang sesuai dengan dirinya sendiri. Bagaimana menyiapkan metode belajar anak yang menyenangkan?
Rangkaian tips berikut mungkin bisa membantu anak Anda belajar secara lebih efektif dan efisien!
o Rangsang kemampuan si kecil yang memiliki gaya belajar anak visual dengan memberikannya bukubuku bergambar.
o Tunjukkan lewat gerakan ketika mengajari anak dengan gaya belajar anak visual. Tujuannya, tentu saja supaya dia |ebih mudah memahami.
:> Buat mural atau kolase saat mengajarinya belajar agar dia |ebih tertarik.

3 Buat tulisan atau dengan foto foto saat mengajarinya melaksanakan pembelajaran
o Rangsang kemampuan si kecil yang memiliki gaya belajar anak visual dengan memberikannya bukubuku bergambar.
o Putarkan tayangan televisi atau video-video edukasi, sehingga ia memperoleh topik-topik baru untuk dikembangkan dan dipelajari.
o Tunjukkan lewat gerakan ketika mengajari anak dengan gaya belajar anak visual. Tujuannya, tentu saja supaya dia |ebih mudah memahami.
:> Buat mural atau kolase saat mengajarinya belajar agar dia |ebih tertarik.
3 Buat chartdengan fotofoto saat mengajarinya melaksanakan
Anak dengan gaya belajar anak visual mudah menyerap informasi atau memahami sesuatu dengan melihat. la bisa memaksimalkan kemampuannya hanya dengan memperhatikan gambargambar atau apapun yang dilihatnya.
Anak yang memiliki gaya belajar anak visual akan semangatjika diberi kesempatan presentasi menggunakan gambar-gambar. Mereka juga antusias dengan diagram-diagram ataupun mind-mapping.
Gaya belajar anak seperti ini juga cocok untuk mereka yang mempelajari bahasa dengan menggunakan simbol, seperti bahasa Mandarin,Jepang, atau Arab.
o Sering-seringlah berkomunikasi, karena anak dengan gaya belajar anak auditori sangat senang mendengarkan. Semakin sering Ibu mengajak anak dengan gaya belajar anak auditori berbicara atau berdiskusi, semakin banyak informasi yang direkamnya.
o Sering-seringlah membacakan buku cerita atau bahkan dongeng karangan Ibu sendiri. Anak dengan gaya belajar anak auditori akan senang menceritakan kembali apa yang baru saja didengarnya.
Menyukai objek yang memiliki tekstur dan ukuran menarik, dan senang bermain balok.
Merasa perlu merasakan dan menyentuh langsung saat mempelajari sebuah objek, termasuk untuk memahami gagasan-gagasan abstrak. Misalnya, nih, untuk mengerti seberapa dingin sih "dingin sekali" itu, anak dengan gaya belajar anak taktil merasa perlu menyentuh es batu untuk bisa merasakannya.
@. Siapkan ruang belajar
Cara mempersiapkan metode belajar anak yang menyenangkan
1.Jika ada area atau sudut kosong di rumah, persiapkan ruang belajar yang kondusif bagi anak. Rapikan ruangan senyaman mungkin, kemudian simpan atau buang barang tidak penting.
2.Jika ada mainan atau buku bahan pelajaran sebelumnya tak terpakai, Anda bisa mendaur ulang atau menyumbangkannya pada mereka yang mungkin membutuhkan.
3.Ruangan belajar yang nyaman juga bisa membantu metode belajar anak jadi terasa menyenangkan.
4.Siapkan satu set alat tulis lengkap
Alat tulis ini tidak harus baru, yang penting lengkap sesuai apa yang dibutuhkan si kecil, seperti pensil, penghapus, pulpen, penggaris, pensil warna, buku-buku tulis baru, dan lain sebagainya.
5.Tempatkan satu set alat tulis tersebut pada satu wadah atau tempat yang mudah dijangkau anak Anda. Jadi jika ia butuh sesuatu, ia tidak akan repot mencarinya.
6.Ajarkan si kecil menggunakan agenda
Untuk membantunya lebih disiplin dan teratur terhadap tugas-tugasnya, Anda bisa mengajarkan si kecil menggunakan catatan agenda untuk membuat to-do-list hal apa saja yang harus ia lakukan.Agenda ini bisa ia gunakan untuk mencatat list pekerjaan rumah minggu ini, atau tugas apa saja yang harus dikumpulkan di minggu ini, beserta deadline-nya.
Anda bisa membuat agenda si kecil dengan gambar-gambar yang lucu pada ruang belajarnya, untuk menciptakan metode belajar anak yang menyenangkan.
Siapkan kalender acara dan kegiatan
# Cara mempersiapkan metode belajar anak yang menyenangkan
Di ruangan belajarnya, Anda juga bisa menyiapkan kalender khusus untuk mencatat daftar acara penting yang akan direncanakan. Anda bisa tuliskan beberapa acara dan kegiatan besar, seperti rencana liburan keluarga dan ujian penting, sebagai “goals” anak.
Buat kesepakatan
Parents bisa membuat kesepakatan dengan anak, jika ia berhasil mendapatkan nilai bagus misalnya. Tak ada salahnya, Anda memberlakukan rewards
 untuknya, sebagai target atau goals mencapai prestasinya. Misalnya, menjanjikan liburan mewah atau jalan-jalan ke taman rekreasi yang ia inginkan. Hal tersebut bisa menjadi motivasi bagi si kecil untuk belajar lebih giat.
Cari tahu cara belajar yang sesuai bagi anak
Setiap anak memiliki cara belajarnya masing-masing. Lakukan pendekatan dengan si kecil ketika ia belajar untuk mengetahui bagaimana cara si kecil belajar. Temukan apa yang menjadi kelebihan dan dominasinya dalam belajar. Metode belajar anak yang sesuai akan membantunya sukses menghadapi pelajaran di sekolah.
Rencanakan bonding bersama keluarga
Cara terakhir tak kalah penting, rencanakan waktu untuk mempererat ikatan di antara keluarga dengan melakukan kegiatan bersama.
Anda bisa pertimbangkan tamasya keluarga, atau sekadar berjalan-jalan dan makan di luar rumah saat akhir pekan untuk menghibur anak setelah bersekolah di hari-hari biasa.
Anda juga bisa mengajak anak dalam kegiatan-kegiatan yang sedikit menantang, namun menyenangkan, seperti kegiatan outbond atau permainan baru lain yang belum pernah ia coba sebelumnya

WASSALAMUALAIKUM,,,
Dyas xp
Dyas xp Saya bukan orang pintar ,tapi saya bisa belajar bersama orang yang pintar